BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bertolak dari peraturan pemerintah tahun 1989 tentang
pendidikan nasional yang menyatakan bahwa pendidikan tinggi mengembangkan tugas
untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota yang masyarakat yang memiliki
kemampuan atau profesional, sehingga di harapkan dapat berperan serta aktif dalam mewujudkan peningkatan
taraf kehidupan masyarakat adil dan makmur.
Dengan adanya kurikulum Praktek Kerja Industri /
Prakerin, maka di harapkan siswa dapat mengetahui apakah ilmu yang di dapatkan
selama masa PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) sudah sesuai dengan apa yang di
butuhkan pada instansi/ perusahaan tempat melaksanakan praktek. Ini berguna
untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan bagaimana kesiapan siswa dalam
menghadapi suatu masalah dan bagaimana penyelesaian masalah tersebut sehingga
dengan tujuan yang akan dicapai.
1.2 Ruang
Lingkup
Pada kesempatan
kali ini, banyak hal dan pengalaman yang saya peroleh, pada bagian umum
khususnya bagian Perlengkapan dan Pemeliharaan yang sudah saya tempati. Disini,
saya dibimbing dengan baik dan maksimal oleh pihak yang bersangkutan. Sejauh
ini Puji Tuhan saya sudah dapat melakukan beberapa hal, yakni :
a. Merakit Komputer dan laptop
b.
Penataan Ruangan
c. Memperbaiki komputer dan laptop
1.3 Tujuan Dan Kegunaan PRAKERIN
1.3.1
Tujuan PRAKERIN
a.
Untuk
dapat mengenal dunia kerja yang digeluti dan belajar bertanggung jawab pada
pekerjaan yang di berikan selama masa PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri )
berlangsung.
b.
Untuk
mengaplikasikan dan mengembangkan pengetahuan yang di dapatkan selama belajar
dan membantu kelancaran tugas operasional pada instansi dimana di tempatkan.
1.3.2
Kegunaan
PRAKERIN
Kegunaan
yang dapat di peroleh selama PRAKERIN dikantor MSI Komputer
adalah :
1.
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan keterampilan yang akan membentuk kemampuan siswa
sebagai bekal mendapatkan lapangan kerja yang layak.
2.
Melatih
siswa agar menjadi manusia yang berjiwa mandiri, disiplin dan bertanggung jawab
dalam menghadapi pekerjaan.
3.
Meningkatkan
rasa solidaritas dalam menghadapi dunia kerja
4.
Menambah
pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha potensional dalam lapangan kerja
5.
Dapat
membimbing sekaligus menambah pengalian berfikir siswa, serta meningkatkan daya
kreatifitas, keterampilan kerja dan ilmu pengetahuan komputerisasi
6. Memperluas
pengetahuan dan wawasan siswa/i melalui proses kerja dan belajar bertanggung
jawab pada pekerjan
7.
Mengembangkan
serta mengaplikasikan langsung pengetahuan yang diperoleh selama berada di
sekolah serta membantu kelancaran tugas operasional suatu instansi dimana siswa
tersebut di tempatkan
1.4 Gambaran Umum Instansi
1.4 Gambaran Umum Instansi
MSI
Komputer berdiri dari tahun 27 Februari 2000, awalnya perusahaan ini bergerak
dalam bidang software dan hardware hanya sebagai pendukung, tetapi setelah
berjalan beberapa decade orientasinya dari sebelumnya software dan
berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sehingga sekarang MSI Komputer
beralih dari penjualan software ke penjualan hardware.
MSI
Komputer mempunyai 10 orang karyawan yang di antaranya sebagai berikut :
·
Edy Sabara : Marketing sekaligus
kepala tokoh
·
Indra Bagus : Tekinisi
·
Robin : Teknisi
·
Imel : Marketing
·
Fatmawati : Admin Tokoh
·
Oija : Admin Kantor
·
Rahim : Packing dan Antar
·
Edwin : Teknisi Kantor
·
Yudi : Teknisi dan Servisan
0 komentar:
Posting Komentar