Jumat, 10 Mei 2013

BAB 1 ( Latar Belakang Tempat PSG)

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Bertolak dari peraturan pemerintah tahun 1989 tentang pendidikan nasional yang menyatakan bahwa pendidikan tinggi mengembangkan tugas untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota yang masyarakat yang memiliki kemampuan atau profesional, sehingga di harapkan dapat berperan  serta aktif dalam mewujudkan peningkatan taraf kehidupan masyarakat adil dan makmur.
Dengan adanya kurikulum Praktek Kerja Industri / Prakerin, maka di harapkan siswa dapat mengetahui apakah ilmu yang di dapatkan selama masa PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) sudah sesuai dengan apa yang di butuhkan pada instansi/ perusahaan tempat melaksanakan praktek. Ini berguna untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan bagaimana kesiapan siswa dalam menghadapi suatu masalah dan bagaimana penyelesaian masalah tersebut sehingga dengan tujuan yang akan dicapai.


1.2  Ruang Lingkup
Pada kesempatan kali ini, banyak hal dan pengalaman yang saya peroleh, pada bagian umum khususnya bagian Perlengkapan dan Pemeliharaan yang sudah saya tempati. Disini, saya dibimbing dengan baik dan maksimal oleh pihak yang bersangkutan. Sejauh ini Puji Tuhan saya sudah dapat melakukan beberapa hal, yakni :
a.       Merakit Komputer dan laptop
b.      Penataan Ruangan
c.       Memperbaiki komputer dan laptop
1.3  Tujuan Dan Kegunaan PRAKERIN

1.3.1        Tujuan PRAKERIN


a.       Untuk dapat mengenal dunia kerja yang digeluti dan belajar bertanggung jawab pada pekerjaan yang di berikan selama masa PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ) berlangsung.
b.      Untuk mengaplikasikan dan mengembangkan pengetahuan yang di dapatkan selama belajar dan membantu kelancaran tugas operasional pada instansi dimana di tempatkan.

1.3.2        Kegunaan PRAKERIN

Kegunaan yang dapat di peroleh selama PRAKERIN dikantor MSI Komputer adalah :
1.        Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang akan membentuk kemampuan siswa sebagai bekal mendapatkan lapangan kerja yang layak.
2.        Melatih siswa agar menjadi manusia yang berjiwa mandiri, disiplin dan bertanggung jawab dalam menghadapi pekerjaan.
3.        Meningkatkan rasa solidaritas dalam menghadapi dunia kerja
4.        Menambah pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha potensional dalam lapangan kerja
5.        Dapat membimbing sekaligus menambah pengalian berfikir siswa, serta meningkatkan daya kreatifitas, keterampilan kerja dan ilmu pengetahuan komputerisasi
6.     Memperluas pengetahuan dan wawasan siswa/i melalui proses kerja dan belajar bertanggung jawab pada pekerjan
7.        Mengembangkan serta mengaplikasikan langsung pengetahuan yang diperoleh selama berada di sekolah serta membantu kelancaran tugas operasional suatu instansi dimana siswa tersebut di tempatkan

1.4        Gambaran Umum Instansi


MSI Komputer berdiri dari tahun 27 Februari 2000, awalnya perusahaan ini bergerak dalam bidang software dan hardware hanya sebagai pendukung, tetapi setelah berjalan beberapa decade orientasinya dari sebelumnya software dan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sehingga sekarang MSI Komputer beralih dari penjualan software ke penjualan hardware.

MSI Komputer mempunyai 10 orang karyawan yang di antaranya sebagai berikut :
·         Edy Sabara         : Marketing sekaligus kepala tokoh
·         Indra Bagus       : Tekinisi
·         Robin                 : Teknisi
·         Imel                    : Marketing
·         Fatmawati          : Admin Tokoh
·         Oija                    : Admin Kantor
·         Rahim                 : Packing dan Antar
·         Edwin                : Teknisi Kantor
·         Yudi                   : Teknisi dan Servisan
 


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.